Cara Instal Windows 7 di VMWARE Virtual Machine


Assalamu’alaikum wr.wb.
Langsung aja nih gan ane mau kasih tau cara install windows 7 lewat VMWare Workstation nah langsung aja nih d bawah..
Pertama masuk ke VMWare Worksatation lalu pilih creat new virtual machine lalu pilih Typical lalu next,OS yang akan diinstall disinii kita pilih Microsoft Windows karena kita akan menginstall windows 7 dan version pilih Windows 7 lalu klil next.
Masukan nama virtual machine disini kita akan namai dengan md1_win7_15102040 lalu klik next lalu pilih direktori tempat file image iso windows 7 lalu pilih open lalu next. Kemudian kita masukan kapasitas Harddisk yang akan kita buat untuk virtualisasinya disini kita menggunakan 25GB lalu pilih store virtual disk as single file lalu next.


Setelah itu klik Costumize Hardware , klik memory, lalu isi dengan kapasitas ram yang akan kita gunakan untuk virtual OS ini, disini saya menggunakan 1024MB untuk RAM lalu klik New CD/DVD lalu pilih Use Image File pilih file iso nya klik Close, lalu klik Finish
Setelah itu klik Play Virtual Machine lalu tunggu beberapa saat, akan muncul starting windows dan pilih Bahasa, time currency dan Keyboard methode, disini kita akan biarkan default lalu klik next.


Klik I accept the license terms lalu klik Next.
Klik install Now, pilih Custom (Advance).


Lalu kita atur partisi dengan cara klik pada Disk 0 unallocated space lalu klik Drive Option lalu klik New lalu kita atur size harddisk untuk partisi C: dimana kita akan menginstall Windows disini kita akan memasukan 15360MB atau 15GB untuk drive C: lalu klik apply lalu kita buat dua partisi lagi yaitu D: dan E: caranya sama seperti yang di atas tapi sekarang kira menggunakan masing masing 5GB (5120MB) untuk partisi tersebut setelah itu klik apply lalu pilih Disk 0 Partition 1 untuk tempat menginstall OS lalu klik next.


Setelah itu proses installasi akan dimulai dan biasanya berlangsung sekitar 30 – 45 menit.


Setelah selesai proses installaasi maka komputer akan restart dengan sendirinya.

 Setelah selesai restart lalu masukan nama md1_win7_15102040 sebagai name lalu st3telkom sebagai computer name lalu next lalu kita disuruh untuk membuat password disini kami mengkosongkan password dan langsung next.



Lalu kita disuruh memasukan product key windows karena windows adalah os yang berbayar setelah memasukan product key “jika punya” kalau tidak tinggal hilangkan tanda centang di automatically activate windows when i’m Online lalu klik next lalu klik ask me later.


Setelah itu kita setting zona waktu kita pilih UTC+07.00 karena kita di daerah WIB


Lalu akan tampil jendela Windows is Finalizing your setting dan proses installasi selesai.





Sekian tutorial cara install windows 7 menggunakan VMWare Workstation dari ane terimakasih telah berkenan membaca artikel ini dan…
Wassalamu’alaikum wr.wb.